Mengaktifkan mod_rewrite di Apache

mod_rewrite adalah salah satu modul di apache yang fungsinya untuk me-rekayasa URL :D . sepertinya modul ini bisa untuk membuat permalink.sepertinya sie,, cuman gimana sintax nya aku blum tau pasti..

btw,, pokok dari artikel ini adalah nerangin gimana cara nya mengkatifkan modul mod_rewrite .. jadi langsung aja ya’

pertama tama cek dulu apa mod_rewrite nya udah aktif atau blum. caranya liat aja di phpinfo() jika udah ada berarti modul itu udah aktif,,

klo blum ada gini cara aktifinya

buka file httpd.conf cari baris ini

#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

hilangkan ‘#’ nya. save trus restart apache.

liat lagi di phpinfo() di bagian Loaded Modules pasti udah ada mod_rewrite tuh. klo udah ada gitu,, berarti mod_rewrite nya udah aktif.

untuk lebih menyakinkan lagi. kita coba pake modul mod_rewrite nya.

bikin file .htaccess dengan code berikut

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine On

simpan di subfolder misal (/tes-mod_rewrite/.htaccess)

sekarang browse subfolder tsb (http://localhost/tes-mod_rewrite).. lihat apa yang tampil, jika

  • No ERROR berarti mod_rewrite telah aktif
  • 500, Internal Service Error berarti mod_rewrite blum terinstall/aktif

- by coolza -

Leave a Reply

*


three + = 7